Office Business Competition


    
    Maksud diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan Program Studi Diploma III Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga kepada siswa-siswi di lingkungan SMA dan SMK se-Jawa Timur.  Selain itu, kami berharap dengan diadakannya acara olimpiade perkantoran ini mampu mendorong semangat dari para siswa-siswi untuk berkompetisi secara positif  serta memunculkan ide kreatif dan inovatif dalam berwirausaha, meningkatkan kemampuan berkomunikasi (public speaking) skill serta penguasaan ilmu pengetahuan umum lainnya. Memberikan informasi baru kepada para pendamping dan memunculkan jiwa kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi bagi mahasiswa Program Diploma III Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.



 JADWAL PELAKSANAAN  
      
Hari           : Sabtu 
Tanggal     : 1 Desember 2012
Waktu       : 07.30 – 17.00 WIB 
Tempat      : Aula ABC Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga


 

 TEKNIS ACARA
OFFICE BUSINESS COMPETITION 2012

            Office Business Competition adalah judul kegiatan Olimpiade Perkantoran Berbasis IT 2012 tingkat SMA/SMK Se-Jawa Timur yang merupakan program kerja tahunan dari Divisi Keilmuan Himpunan Mahasiswa Program Diploma III Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga yang akan dilaksanakan 1 Desember 2012. Olimpiade tahun ini sendiri mengangkat tema “Menjalankan Bisnis Mandiri Ditengah Persaingan Dunia Kerja”  yang kami rangkum menjadi kompetisi positif sebagai berikut :

1 . Business Plan
              Business Plan  merupakan kompetisi perencanaan bisnis yang kami bagi menjadi tiga tahap penilaian dan diwakilkan 3 orang/tim. Tahap pertama peserta wajib membuat proposal yang isinya rancangan bisnis yang mereka inginkan dengan mematuhi standar peraturan/penulisan dari panitia dan juri kemudian dikirimkan ke email hima prodi DIII Manajemen Kesekretariatan & Perkantoran berupa softcopy pada H-3 acara. Tahap kedua peserta diberi waktu untuk mempresentasikan planning bisnisnya dalam bentuk power point (disiapkan di rumah) sekaligus membawa hardcopy proposal yang telah dikirim email sebelumnya kemudian sesi tanya jawab antara juri dan peserta. Tahap ketiga dilaksanakan oleh lima besar finalis yang lolos tahap I dan II untuk mempublikasikan bisnisnya secara online sekaligus mempublikasikan kegiatan olimpiade ini dalam sebuah blog yang dibuat pada saat acara .

Ø  Ketentuan Kompetisi Business Plan
Tahap I, tim juri akan menyeleksi semua proposal business plan yang masuk.
Tahap II, tim peserta yang lolos dari tahap pertama akan mempresentasikan business plan mereka kepada tim juri dan akan
diseleksi kembali menjadi 5 tim peserta. 
T Tahap III, tim peserta yang lolos dari tahap kedua diberi waktu kurang lebih 2 jam untuk membuat blog yang berisi               tentang pengenalan dan pemasaran akan produk business plan mereka.


            A. Ketentuan proposal business plan

  1. Proposal business plan maksimal berisi 15 halaman.Format penulisan: Times New Roman; size: 12; dengan Line spacing 1.5.
  2. Orisinil, apabila business plan terbukti tidak orisinil/ plagiatisme maka juri berhak untuk mendiskualifikasi peserta.
  3. Business plan yang akan dibuat harus bisa diimplementasikan ke dalam dunia nyata bisnis (realistis).
  4. Peserta dibebaskan memilih jenis bisnis apapun yang akan direncanakan, kecuali bisnis kuliner.
  5. Cantumkan gambar hasil karya business plan ke dalam proposal.
  6. Proposal Business Plan dikirim paling lambat H-3S acara jam 12.00 WIB dalam bentuk soft copy (MS. Word) dan dikirim ke email: hima.mkantor@yahoo.co.id

            B. Format Standart isi proposal business plan

  • Cover proposal : Times New Roman; Rata tengah (center); Bold
-          Judul business plan                       : size 14
-          Nama Ketua Pelaksana ,     
-          Nama Anggota ,                              : size 12
-          Nama Sekolah ,
  • BAB I             PENDAHULUAN
  • BAB II           ASPEK PRODUKSI
  • BAB III          ASPEK PEMASARAN
  • BAB IV          KEUANGAN
  • BAB V           PENUTUP
Nb. Isi dari setiap Bab. dapat  dikembangkan sendiri.

Penilaian Proposal
No
Aspek Nilai
Presentase
1
Ide yang Orisinil
30 %
2
Teknik Penulisan
40 %
3
Tata bahasa
30 %

Total
100%
          
  C. Format power point

  1.       Program yang dipilih adalah Microsoft Power Point 2007.
  2.       Isi slide dapat berupa text, gambar, film, animasi dan sebagainya.
  3.     Masing-masing tim diberi waktu maksimal 15 menit untuk mempresentasikan business plan sekaligus tanya jawab dengan tim juri.
  4.       Panitia berhak menge-cut sesi point 3 di atas jika melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

Penilaian Presentasi
No
Aspek Nilai
Presentase
1
Tampilan isi power point
20 %
2
Communication skill
25 %
3
Body Languange
25 %
4
Performance
20 %
5
Visual Aid
10 %

Total
100%

            D. Format blog

  1.   Peserta menerbitkan tulisan/artikel dalam blog berbasis blogspot.
  2.  Peserta diperkenan menyiapkan materi pendukung tulisan/artikel, berupa file foto atau video dan data lainnya. Bukan keseluruhan blog.
  3. Peserta disediakan fasilitas seperangkat komputer dan koneksi internet untuk keperluan lomba ini. 
  4. Peserta diperkenankan membawa perangkat laptop/notebook sendiri.
  5. Peniliain lomba berdasarkan tampilan blog, kesesuaian materi tulisan dengan tema, dan data-data pendukungnya seperti foto/video dan sebagainya.
Penilaian Blog
No
Aspek Nilai
Presentase
1
Tampilan
30 %
2
Kreativitas
30 %
3
Artikel Blog
30 %
4
Komponen Pendukung
10 %

Total
100%


2. English Speech
              English Speech merupakan kompetisi berupa pidato dalam Bahasa Inggris yang partisipasinya individu/perorangan. Peserta diberi kesempatan berpidato dengan topik “Pengaruh Kewirausahaan Terhadap Perekonomian Indonesia“ selama beberapa menit. Dilanjutkan sesi memilih undian, dalam waktu 3 menit peserta wajib menjawab satu pertanyaan singkat mengenai bentuk kegiatan ekonomi dalam keseharian peserta maupun . Setiap peserta dipastikan mendapatkan  pertanyaan yang berbeda.

    Ø  Ketentuan Kompetisi English Speech

A. Syarat Peserta

1.      Partisipasi peserta pada lomba ini sifatnya individual dengan jenjang pendidikan SMA dan SMK.

B. Prosedur Umum
1. Konten pidato harus tentang ekonomi sesuai dengan topik, yaitu “ Pengaruh Kewirausahaan Terhadap
     Perekonomian Indonesia “.
2.    Penilaian juri tentang pidato berdasarkan konten penyampaian isi maksud dan bahasa.
3.    Setiap peserta wajib membawa (3 rangkap) naskah pidatonya untuk diberikan panitia dan juri.
4.    Peserta diberikan waktu selama 5 menit, maksimal 6 menit untuk berpidato dan sifatnya orisinil .
5.  Setelah peserta melewati tahap I (pidato) dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan waktu 3 menit,   maksimal 4 menit.
6.  Untuk sesi tanya jawab, peserta berhak mengambil sendiri kertas undian berisi 1 pertanyaan mengenai pengetahuan umum yang tersedia dan juri akan membacakan pertanyaan tersebut sesuai pertanyaan yang mereka ambil.
7. Peserta pidato harus langsung menjawab pertanyaan undian tersebut setelah dibacakan oleh juri. Jawaban yang berkualitas, dapat menambah point dalam penilaian lomba english speech.
8. Segala kecurangan yang akan dilakukan oleh para peserta akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang ada.


Penilaian English Speech

No
Aspek Nilai
Presentase
1
Performance
30%
2
Isi (konten) Pidato
40%
3
Bahasa yang digunakan, kemampuan menyampaikan pesan
30%

Total
100%



 PROSEDUR PENDAFTARAN OFFICE BUSINESS COMPETITION 2012

SMA/SMK yang berminat mengikuti Office Business Competition 2012 wajib mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 5 orang (tidak diperkenankan untuk mengikuti 1 lomba saja)
·         1 tim (3 orang) partisipan Business Plan
·         1 peserta partisipan English Speech
·         1 guru pendamping*
*) Boleh tidak ikut berpartisipasi
Tim yang bersangkutan akan dikenakan biaya HTM sebesar Rp. 175.000,- (biaya pendaftaran semua lomba termasuk diskusi panel dan lain-lain). Team yang bersangkutan dianggap terdaftar sebagai peserta Office Business Competition 2012 jika telah mengikuti prosedur di bawah ini :
1.  Mendatangi Sekretariat HIMA Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Gedung Program Diploma 3 Lantai 2 FEB UA Jalan Srikana 65 Surabaya untuk mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan bukti pembayaran.

2.    Mengisi formulir Office Busimess Competition 2012 (hard copy) yang dapat diperoleh di sekolah masing-masing berikut menyertakan hasil bukti pembayaran sebesar Rp. 175.000,-.  dikirim via pos atau diantar melalui alamat berikut : Sekretariat HIMA Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Gedung Program Diploma 3 Lantai 2 FEB UA Jalan Srikana 65 Surabaya.

3.   Mengisi formulir pendaftaran Office Business Competition (soft copy) yang dapat diunduh melalui himakitaa.blogspot.com dan menyertakan hasil scan bukti pembayaran kemudian mengirimkannya via email ke alamat hima.mkantor@yahoo.co.id.

·         Pembayaran HTM Office Business Competition 2012 dapat dilakukan melalui Rekening :
§  Nama                      : Dwi Pratiwi
§  Nomor Rekening    : 142–00–07445140
§  BANK MANDIRI KCP Sby Pondok Chandra 14204
·         Pendaftaran akan ditutup pada tanggal
25 November 2012
·         Web site yang dapat diakses    : www.himakitaa.blogspot.com
·         Contact Personal                     : Dwi Pratiwi (085645233343) 
                                                  Eva Juliani   (085648687285)

5 komentar:

  1. Tampilkan dong juaranya?
    Apakah ini akan menjadi agenda tahunan, agar peminat bisa menyiapkan diri tuk tahun depan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Salah tulisannya tadi HeHeHe...

    Tapi yang blog kok ga diumumkan yah... hum... ga asik, tapi gpp deh udah juara 2 HoHoHo...
    kunjungi blog "business plan"-ku Pace Craft

    Kunjungi juga Blogku Business Eye

    BalasHapus
  4. iya ini agenda tahunan,
    sepertinya si mimin blum bisa upload [-(

    BalasHapus
  5. Apakah kegiatan ini merupakan upaya dari Universitas Airlangga untuk mengenalkan Program Studi Diploma III Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran kepada siswa-siswi SMA dan SMK di Jawa Timur?
    Regard Telkom University

    BalasHapus

Recent Post