Office Business Competition
Maksud diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan Program Studi Diploma III Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga kepada siswa-siswi di lingkungan SMA dan SMK se-Jawa Timur. Selain itu, kami berharap dengan diadakannya acara olimpiade perkantoran ini mampu mendorong semangat dari para siswa-siswi untuk berkompetisi secara positif serta memunculkan ide kreatif dan inovatif dalam berwirausaha, meningkatkan kemampuan berkomunikasi (public speaking) skill serta penguasaan ilmu pengetahuan umum lainnya. Memberikan informasi baru kepada para pendamping dan memunculkan jiwa kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi bagi mahasiswa Program Diploma III Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.
JADWAL PELAKSANAAN
Tanggal : 1 Desember 2012
Waktu : 07.30 – 17.00 WIB
Tempat : Aula ABC Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga
TEKNIS ACARA
OFFICE BUSINESS COMPETITION 2012
Office Business
Competition adalah judul kegiatan Olimpiade
Perkantoran Berbasis IT 2012 tingkat SMA/SMK Se-Jawa Timur yang merupakan
program kerja tahunan dari Divisi Keilmuan Himpunan Mahasiswa Program Diploma III
Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Airlangga yang akan dilaksanakan 1 Desember 2012. Olimpiade tahun
ini sendiri mengangkat tema “Menjalankan Bisnis Mandiri Ditengah Persaingan
Dunia Kerja” yang kami rangkum menjadi
kompetisi positif sebagai berikut :
1 . Business Plan
Business Plan merupakan kompetisi perencanaan bisnis yang
kami bagi menjadi tiga tahap penilaian dan diwakilkan 3 orang/tim. Tahap
pertama peserta wajib membuat proposal yang isinya rancangan bisnis yang mereka
inginkan dengan mematuhi standar peraturan/penulisan dari panitia dan juri
kemudian dikirimkan ke email hima prodi DIII Manajemen Kesekretariatan &
Perkantoran berupa softcopy pada H-3 acara. Tahap kedua peserta diberi waktu
untuk mempresentasikan planning bisnisnya dalam bentuk power point (disiapkan
di rumah) sekaligus membawa hardcopy proposal yang telah dikirim email
sebelumnya kemudian sesi tanya jawab antara juri dan peserta. Tahap ketiga
dilaksanakan oleh lima besar finalis yang lolos tahap I dan II untuk mempublikasikan
bisnisnya secara online sekaligus mempublikasikan kegiatan olimpiade ini
dalam sebuah blog yang dibuat pada saat acara .
Ø Ketentuan
Kompetisi Business Plan
Tahap I, tim juri akan menyeleksi semua proposal business plan yang masuk.
Tahap II, tim peserta yang lolos dari tahap pertama akan mempresentasikan business plan mereka kepada tim juri dan akan
diseleksi kembali menjadi 5 tim peserta.
T Tahap III, tim peserta yang lolos dari tahap kedua diberi waktu kurang lebih 2 jam untuk membuat blog yang berisi tentang pengenalan dan pemasaran akan produk business plan mereka.
Tahap I, tim juri akan menyeleksi semua proposal business plan yang masuk.
Tahap II, tim peserta yang lolos dari tahap pertama akan mempresentasikan business plan mereka kepada tim juri dan akan
diseleksi kembali menjadi 5 tim peserta.
T Tahap III, tim peserta yang lolos dari tahap kedua diberi waktu kurang lebih 2 jam untuk membuat blog yang berisi tentang pengenalan dan pemasaran akan produk business plan mereka.
A. Ketentuan proposal business plan
- Proposal business plan maksimal berisi 15 halaman.Format penulisan: Times New Roman; size: 12; dengan Line spacing 1.5.
- Orisinil, apabila business plan terbukti tidak orisinil/ plagiatisme maka juri berhak untuk mendiskualifikasi peserta.
- Business plan yang akan dibuat harus bisa diimplementasikan ke dalam dunia nyata bisnis (realistis).
- Peserta dibebaskan memilih jenis bisnis apapun yang akan direncanakan, kecuali bisnis kuliner.
- Cantumkan gambar hasil karya business plan ke dalam proposal.
- Proposal Business Plan dikirim paling lambat H-3S acara jam 12.00 WIB dalam bentuk soft copy (MS. Word) dan dikirim ke email: hima.mkantor@yahoo.co.id
B. Format Standart isi proposal business plan
- Cover proposal : Times New Roman; Rata tengah (center); Bold
-
Judul business plan : size 14
-
Nama Ketua Pelaksana ,
-
Nama Anggota , : size 12
-
Nama Sekolah ,
- BAB I PENDAHULUAN
- BAB II ASPEK PRODUKSI
- BAB III ASPEK PEMASARAN
- BAB IV KEUANGAN
- BAB V PENUTUP
Nb. Isi dari setiap Bab. dapat dikembangkan
sendiri.
Penilaian
Proposal
No
|
Aspek
Nilai
|
Presentase
|
1
|
Ide
yang Orisinil
|
30 %
|
2
|
Teknik
Penulisan
|
40 %
|
3
|
Tata
bahasa
|
30 %
|
Total
|
100%
|
C. Format power point
- Program yang dipilih adalah Microsoft Power Point 2007.
- Isi slide dapat berupa text, gambar, film, animasi dan sebagainya.
- Masing-masing tim diberi waktu maksimal 15 menit untuk mempresentasikan business plan sekaligus tanya jawab dengan tim juri.
- Panitia berhak menge-cut sesi point 3 di atas jika melebihi batas waktu yang telah ditentukan.
Penilaian
Presentasi
No
|
Aspek
Nilai
|
Presentase
|
1
|
Tampilan
isi power point
|
20 %
|
2
|
Communication
skill
|
25 %
|
3
|
Body
Languange
|
25 %
|
4
|
Performance
|
20 %
|
5
|
Visual
Aid
|
10 %
|
Total
|
100%
|
D. Format blog
- Peserta menerbitkan tulisan/artikel dalam blog berbasis blogspot.
- Peserta diperkenan menyiapkan materi pendukung tulisan/artikel, berupa file foto atau video dan data lainnya. Bukan keseluruhan blog.
- Peserta disediakan fasilitas seperangkat komputer dan koneksi internet untuk keperluan lomba ini.
- Peserta diperkenankan membawa perangkat laptop/notebook sendiri.
- Peniliain lomba berdasarkan tampilan blog, kesesuaian materi tulisan dengan tema, dan data-data pendukungnya seperti foto/video dan sebagainya.
Penilaian Blog
No
|
Aspek
Nilai
|
Presentase
|
1
|
Tampilan
|
30 %
|
2
|
Kreativitas
|
30 %
|
3
|
Artikel
Blog
|
30 %
|
4
|
Komponen
Pendukung
|
10 %
|
Total
|
100%
|
2.
English Speech
English Speech
merupakan kompetisi berupa pidato dalam Bahasa Inggris yang partisipasinya
individu/perorangan. Peserta diberi kesempatan berpidato dengan topik “Pengaruh Kewirausahaan Terhadap Perekonomian
Indonesia“ selama beberapa menit. Dilanjutkan sesi memilih undian, dalam
waktu 3 menit peserta wajib menjawab satu pertanyaan singkat mengenai bentuk
kegiatan ekonomi dalam keseharian peserta maupun . Setiap peserta dipastikan
mendapatkan pertanyaan yang berbeda.
Ø Ketentuan
Kompetisi English
Speech
A. Syarat
Peserta
1.
Partisipasi peserta
pada lomba ini sifatnya individual dengan jenjang pendidikan SMA dan SMK.
B. Prosedur
Umum
1. Konten
pidato harus tentang ekonomi sesuai dengan
topik, yaitu “ Pengaruh Kewirausahaan
Terhadap
Perekonomian Indonesia “.
2. Penilaian juri tentang
pidato berdasarkan konten penyampaian isi maksud dan bahasa.
3. Setiap peserta
wajib membawa (3 rangkap) naskah pidatonya untuk diberikan panitia dan juri.
4. Peserta diberikan
waktu selama 5 menit, maksimal 6 menit untuk berpidato dan sifatnya orisinil .
5. Setelah peserta melewati tahap I (pidato) dilanjutkan
dengan sesi tanya jawab dengan waktu 3 menit, maksimal 4 menit.
6. Untuk sesi tanya jawab, peserta berhak mengambil
sendiri kertas undian berisi 1 pertanyaan mengenai
pengetahuan umum yang tersedia dan
juri akan membacakan pertanyaan tersebut sesuai pertanyaan yang mereka ambil.
7. Peserta pidato harus langsung menjawab pertanyaan
undian tersebut setelah dibacakan oleh juri. Jawaban yang berkualitas, dapat
menambah point dalam penilaian lomba english speech.
8. Segala kecurangan yang
akan dilakukan oleh para peserta akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan
yang ada.
Penilaian English Speech
No
|
Aspek Nilai
|
Presentase
|
1
|
Performance
|
30%
|
2
|
Isi (konten) Pidato
|
40%
|
3
|
Bahasa yang digunakan, kemampuan menyampaikan pesan
|
30%
|
Total
|
100%
|
PROSEDUR PENDAFTARAN OFFICE BUSINESS
COMPETITION 2012
25 November 2012
SMA/SMK yang
berminat mengikuti Office Business Competition 2012 wajib mengirimkan 1 tim
yang terdiri dari 5 orang
(tidak diperkenankan untuk mengikuti 1 lomba saja)
·
1 tim (3 orang)
partisipan Business Plan
·
1 peserta
partisipan English Speech
·
1 guru pendamping*
*)
Boleh tidak ikut berpartisipasi
Tim
yang bersangkutan akan dikenakan biaya HTM sebesar Rp. 175.000,- (biaya
pendaftaran semua lomba termasuk diskusi panel dan lain-lain). Team yang
bersangkutan dianggap terdaftar sebagai peserta Office Business Competition
2012 jika telah mengikuti prosedur di bawah ini :
1. Mendatangi
Sekretariat HIMA Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Gedung Program
Diploma 3 Lantai 2 FEB UA Jalan Srikana 65 Surabaya untuk mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan bukti pembayaran.
2. Mengisi
formulir Office Busimess Competition 2012 (hard copy) yang dapat diperoleh di
sekolah masing-masing berikut menyertakan hasil bukti pembayaran sebesar Rp.
175.000,-. dikirim
via pos atau diantar melalui alamat berikut : Sekretariat HIMA Manajemen
Kesekretariatan dan Perkantoran Gedung Program Diploma 3 Lantai 2 FEB UA Jalan
Srikana 65 Surabaya.
3. Mengisi
formulir pendaftaran Office Business
Competition (soft
copy) yang dapat diunduh melalui himakitaa.blogspot.com dan menyertakan hasil scan bukti pembayaran kemudian mengirimkannya
via email ke alamat hima.mkantor@yahoo.co.id.
·
Pembayaran HTM Office Business Competition 2012 dapat
dilakukan melalui Rekening :
§ Nama :
Dwi Pratiwi
§ Nomor
Rekening : 142–00–0744514–0
§ BANK
MANDIRI KCP Sby Pondok Chandra 14204
·
Pendaftaran akan
ditutup pada tanggal
·
Web site yang dapat diakses : www.himakitaa.blogspot.com
·
Contact Personal :
Dwi Pratiwi (085645233343)
Eva Juliani
(085648687285)
Tampilkan dong juaranya?
BalasHapusApakah ini akan menjadi agenda tahunan, agar peminat bisa menyiapkan diri tuk tahun depan
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSalah tulisannya tadi HeHeHe...
BalasHapusTapi yang blog kok ga diumumkan yah... hum... ga asik, tapi gpp deh udah juara 2 HoHoHo...
kunjungi blog "business plan"-ku Pace Craft
Kunjungi juga Blogku Business Eye
iya ini agenda tahunan,
BalasHapussepertinya si mimin blum bisa upload [-(
Apakah kegiatan ini merupakan upaya dari Universitas Airlangga untuk mengenalkan Program Studi Diploma III Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran kepada siswa-siswi SMA dan SMK di Jawa Timur?
BalasHapusRegard Telkom University